Jumat, 11 Maret 2016

GUS DUR MEMBUKTIKAN SEDEKAH DAPAT GANTI BERLIPAT

Berikut dikisahkan di laman www.nu.or.id.

Sudah jelas dalam Qur’an bahwa sedekah akan dibalas dengan rizki yang berlipat ganda, tetapi bagi kebanyakan orang, mengeluarkan uang memang berat. Inginnya selalu menerima saja. begitulah sifat manusia.

Gus Dur semasa hidupnya tak pernah melupakan diri untuk memberikan sebagian rizki yang diperoleh kepada orang lain, berapapun jumlahnya. Tak heran kebaikannya dikenang banyak orang dan rizkinya juga terus mengalir tambah banyak.

Suatu ketika, saat masih menjabat sebagai ketua umum PBNU, Gus Dur berziarah ke makam Sunan Ampel di Surabaya, menyertai Asmanu, seorang wartawan yang sudah akrab dengannya.

Begitu masuk kompleks pemakanan, Gus Dur mengisi kotak amal yang sudah disediakan. Kemudian ada seorang peminta-minta datang kepada Gus Dur, sayangnya tak ada lagi uang di kantong, lalu ia meminta Asmanu di sampingnya untuk memberi pengemis tersebut.

“As, kasih orang itu”
“Uang saya tinggal lima ribu Gus, gimana nantinya kalau perlu beli apa-apa” kata Asmanu dengan nada enggan untuk melepaskan uang yang di sakunya.

“Jangan pelit-pelit, kamu masih untung punya lima ribu, pengemis itu malah tidak punya sama sekali,“ 

Akhirnya karena didesak, dengan berat hati 5000 peraknya dikasihkan pengemis yang dari tadi masih menunggu perdebatan berakhir. 

Setelah selesai menemani Gus Dur, ia kembali pulang dengan kantong kosong, tak sepeserpun uang ditangannya. 

Sore harinya, ia bertemu dengan dengan kenalan lama, seorang pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) yang sudah sekian tahun tak bertemu. Jadilah mereka ngobrol dengan gayeng tentang pengalaman bersama di masa lalu.

Ketika berpisah, tanpa diduga dan dinyana, ia dikasih uang 500 ribu, padahal tidak pernah ada pekerjaan atau kompensasi lain yang harus dilakukan. 

Ia jadi teringat kejadian sebelumnya ketika agak dipaksa Gus Dur menyumbang sebesar 5000, ternyata belum berganti hari, Allah sudah mengganti 100 kali lipatnya. 

Ngeculno (melepas) duit 5 ribu, bisa dapat 500 ribu,“ katanya dalam gaya Suroboyoan yang medok.

Penulis: Mukafi Niam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar