Senin, 14 Maret 2016

SHOLAT LAKI-LAKI LEBIH UTAMA DI MASJID DAN PEREMPUAN DI RUMAH

Dicuplik dari rubrik Bahtsul Masail laman nu.or.id berikut tentang sholatnya laki-laki lebih utama berjamaah di Masjid dan perempuan di rumah.
Shalat berjamaah memang lebih utama 27 derajat dari pada shalat munfarid (sendirian). Begitulah yang disampaikan oleh Nabi Muhammad sallaLlahu 'alaihi wassallam dalam sebuah hadits. Dalam masalah keutamaan ini tidak ada perbedaan antara yang didapatkan laki-laki dan perempuan.
Kemudian, bagaimana dengan pelaksanaannya? Apakah harus di Masjid atau cukup di rumah? Dalam hal ini ulama menjelaskan, laki-laki lebih utama melaksanakan shalat fardhu/wajib berjamaah di Masjid dan perempuan lebih utama melaksanakan shalat fardhu berjamaah di rumah. Penjelasan ini dapat kita lihat dalam kitab I’anatut Tholibin karya Syaikh Abu Bakr bin Muhammad Ad-Dimyathi juz 2 halaman 5 sebagai berikut :

قوله: والجماعة في مكتوبة لذكر بمسجد أفضل-- وذلك لخبر: صلوا - أيها الناس - في بيوتكم، فإن أفضل الصلاة صلاة المرء في بيته إلا المكتوبة
 وخرج بالذكر المرأة، فإن الجماعة لها في البيت أفضل منها في المسجد

Ungkapan Syaikh Zainuddin Al-Malibari : Shalat Fardhu berjamaah di Masjid lebih utama bagi laki-laki hal tersebut berdasarkan hadits : shalatlah kalian di rumah-rumah kalian karena shalat yang paling utama adalah shalatnya seseorang di rumahnya kecuali shalat fardhu

dan di sini terdapat pengecualian bagi perempuan. Untuk perempuan shalat berjamaah lebih utama dilaksanakan di rumahnya dari pada di Masjid.

Dalam hadits ini RasuluLlah sallaLlahu 'alaihi wassallam mendorong umatnya 'menghiasi' rumah dengan sholat sunnah. Sedangkan pelaksanaan sholat maktubah (fardhu) bagi laki-laki di Masjid dan perempuan tetap di rumah.


والله أعلم بالصواب
(afq)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar